• HB-Welcome
  • HB Visi
  • HB Misi



(Bandung/24/11/17). Warga Peradilan Agama seluruh Indoensia kembali bertemu dalam ajang silaturahmi dan saling tukar informasi dan perkembangan. Bandung kembali lagi menjadi tuan rumah, kali ini bertempat di Hotel Horison Jalan PelajarPejuang Bandung pada tanggal 24 November 2017 mulai pukul 20.00 s/d 23.30 Wib. Siltaurrahmi warga peradilan se Indonesia dihadiri langsung  Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Dr. H. Amran Suadi, SH., MH., Hakim Agung Dr. H. Purwosusilo, SH., MH., Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. H. Abdul Manaf, SH., MH. Turut hadir pada acara tersebut sesepuh Peradilan Agama/Ketua PPHI2M (Pusat Pengkajian Hukum Islam dan Masyarakat Madani) Prof. Dr. H. Abdul Manan, SH., S.IP., M.Hum., Dr. H. Habiburrahman, SH., M.Hum., Dr. H. Zainuddin Fajari, SH., MH., Sekertaris Dirjen Badilag H. Tukiran, SH., MH., Direktur Binganis Badilag Dr. H.M Fauzan SH., MH., Panitera Muda Perdata Agama Drs. H. Abdul Ghani, SH., MH.,dan Plt Direktur Pratalak Hj. Iis Nawangsari, SH.

Kegiatan silaturahmi sekaligus pembinaan ini dalam rangka memanfaatkan momentum kegiatan turnamen tenis perorangan Piala Ketua Mahkamah Agung RI yang diikuti oleh Mahkamah Agung dan empat lingkungan peradilan yang berada dibawahnya.

Acara   diawali oleh sambutan dari Ketua PTA Jawa Barat Drs. H. Bahrussam Yunus, SH., MH., selaku tuan rumah, dan selanjutnya acara dibuka dengan resmi oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI YM Dr. H. Amran Suadi., SH., MH.

Dalam kegiatan ini dibagi beberapa sesi yaitu penyampaian materi dari narasumber yaitu Dirjen Badilag, Hakim Agung Dr. H. Purwosusilo, SH., MH., Ketua Kamar Agama MA RI, dan dari Prof. Dr. H. Abdul Manan, SH., S.IP., kemudian dilanjutkansesi Tanya jawab dari peserta guna mencari masukan sekaligus kritikan yang konstruktif sebagai bahan pertimbangan pimpinan, dan  bertindak sebagai moderator adalah Drs. H. Mardiana Muzhafar, SH., MH. (Wakil Ketua PTA Jawa Barat).

            Selama berlangsungnya kegiatan silaturrahmi tersebut, banyak hal dan informasi penting yang diperoleh dari masing-masing peserta, begitu juga kendala dan hambatan dalam bertugas khususnya dari peserta yang datang dari daerah-daearah.

Beberapa poin penting.

  • Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan Drs. H. Ribat, SH., MH., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mencatat beberapa point penting dari kegitan Silaturrami warga Peradilan Se Indonesia di bandung  diantaranya.
  • Perlu dilakukan upanya penyempurnaan sistem secara terus menerus meliputi managemen peradilan begitu juga system administrasi perkara.
  • Pembinaan SDM Peradilan Agama perlu terus ditingkatkan melalui bimtek dan pelatihan
  • Perlu ada perbaikan system promosi dan mutasi hakim;
  • Perlu kehati-hatian dalam penggunaan media social, dan jangan sampai merugikan lembaga Peradilan Agama.
  • Perlu dilakukan peningkatan kualitas Hakim terkait penanganan seketa Ekonomi Syariah, karena hal ini mempunyai dampak yang cukup luas terhadap kredibilitas Pengadilan Agama
  • Perlu pembinaan manajemen terkait jabatan Panitera dan Sekretaris;
  • Penerapan SAPM untuk lembaga Peradilan Agama merupakan suatu keharusan untuk menggapai missi Mahkamah Agung RI menjadi badan Peradilan yang Agung.

Semoga beberapa point penting di atas sebagai hasil silaturrahmi warga Peradilan Se Indonesia, tidak hanya tercatat dalam lembaran kertas kerja yang bersifat normatif belaka, tetapi dapat diaplikasikan dalam bentuk konkrit dalam dunia kerja.(sukses Warga peradilan Agama se Indonesia) by admin.

Connect us on Facebook Youtube Channel Inbox Helpdesk Download Mobile Smartphone Application
  • 2ucapan.jpg
  • 997-uc-duka.jpg
  • 997-uc-selamat.jpg