• HB-Welcome
  • HB Visi
  • HB Misi

                  (Padangsidimpuan/) Sebanyak 20 Mahasiaswa IAIN Padangsidimpuan lakukan Paraktek Hukum Lapangan  (PHL) di Pengadilan Agama Padangsidimpuan. Sesuai dengan surat Dekan Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum No. B.41/In.14/D.5c/HM.01/01/2017 tanggal  12 Januari 2017 yang ditandatangi Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Drs. Sumper Mulia Bahwa praktek Hukum lapangan bagi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan Jurusan Ahwal Syakhsiyah dimulai pada tanggal 18 Januari 2017 sampai dengan 10 Pebruari 2017 dengan jumlah mahasiswa yang ikut magang sebanyak 26 orang Mahasisiwa.

 

Kedatangan Mahasiwa yang melakukan PHL disambut oleh Wakil Ketua PA. Padangsidimpuan Drs. M. Syukri. dan Panitera  PA. Padangsidimpuan Nelson Dongoran S. Ag., S.H., MM.  tanggal 18 Januari 2017 diruang Rapat,  hadir para dosen IAIN Padangsidimpuan yaitu Arsyad, MA., Wakil Dekan Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, dimana dalam pertemuan tersebut  beliau mohon agar mahasiswa/i dapat dibimbing untuk memahami tugas-tugas yang berkaitan dengan administrasi perkara begitu juga administrasi umum dan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan teknis yustisial.

Sementara Wakil Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan Drs. M. Sukri. menjelaskan kepada para Mahasiswa/i tentang tugas pokok Peradilan Agama, begitu juga tentang organisasi dan struktur Pengadilan serta pejabat mulai dari hakim sampai dengan staff. “Saya menyambut baik tugas PHL adik-adik Mahasiswa/I ini, disamping tugas belajar juga dapat terjun langsung melihat dan mendalami kegiatan berkaitan dengan tugas pokok pengadilan Agama, dengan kegiatan PHL ini kami sangat terbantu sekali dalam menyelesaikan tugas-tugas administrasi baik administrasi perkara maupun umum, karena jumlah hakim dan pegawai pada Pengadilan Agama Padangsidimpuan saat ini tinggal 3 orang sementara tugas yang dipikul cukup banyak.” Papar wakil ketua.  

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim redaksi bahwa Pengadilan Agama Padangsidimpuan dan IAIN Padangsidimpuan telah membuat kerjasama (Mou)  tanggal 22 Mei 2014 yang lalu  berkaitan dengan tugas pokok pada mata kuliah yang berkaitan langsung dengan tugas pokok Pengadilan Agama  dimana pihak IAIN meminta SDM hakim Pengadilan Agama Padangsidimpuan dapat membantu menjadi dosen luar biasa pada mata kuliah yang berkaitan langsung dengan tugas pokok Pengadilan Agama.Selain itu pihak IAIN memohon agar Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum dapat menggunakan lembaga Pengadilan Agama sebagai lokasi praktek peradilan/ Klinis hukum bagi mahasiswanya. 

Mudah-mudahan kerja sama ini dapat sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak guna memperkuat kualitas kelembagaan, karena kalau diibaratkan, IAIN adalah pabrik yang memproduksi SDM  sedangkan PA sebagai  salah satu marketnya, semoga. (admin pa-psp) 

      

Connect us on Facebook Youtube Channel Inbox Helpdesk Download Mobile Smartphone Application
  • 2ucapan.jpg
  • 997-uc-duka.jpg
  • 997-uc-selamat.jpg