• HB-Welcome
  • HUT MARI
  • HB Visi
  • HB Misi

Rabu, 18 September 2019 merupakan hari yang bersejarah bagi Pengadilan Agama Padangsidempuan, dimana sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (APM ) yang sudah lama dinantikan akhirnya diserahkan dan dibawa pulang bersama beberapa Pengadilan Lainnya di bawah lingkungan Mahkamah Agung RI. Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan di hotel Mercure Jakarta Batavia, Sebanyak 100 Pengadilan Menerima Sertifikat dengan nilai yang beragam.

DSC 1177 1

Mewakili Pengadilan Agama Padangsidempuan, Bapak Buniyamin Hasibuan, S.Ag yang merupakan ketua Pengadilan Agama Padangsidempuan menjadi orang yang pertama kali memegang sertifikat tersebut. Bukan tanpa usaha dan kerja keras sehingga sertifikat tersebut dapat diperoleh Pengadilan Agama Padangsidempuan, namun berkat usaha dan kerjasama tim dan seluruh personel Pengadilan Agama Padangsidempuan dilibatkan dalam pelaksanaan Akreditasi ini. Tidak sedikit waktu, tenaga dan biaya yang telah dikeluarkan untuk memperoleh sertifikat tersebut, namun semua nya telah membuahkan hasil yang baik.

DSC 1171 1

Seiring dengan telah dinilainya akreditasi bagi Pengadilan-pengadilan yang telah mendapatkan sertifikat , maka tugas kedepan juga semakin berat, seperti kata pepatah” lebih sulit mempertahankan daripada merebut”. Seperti itulah ungkapan dalam akreditasi ini, Pengadilan- pengadilan yang sudah mendapatkan nilai yang baik seperti Pengadilan Agama Padangsidempuan A (Excellence) harus dapat mempertahankan nilai tersebut untuk tahun-tahun kedepan, sehingga butuh kestabilan dalam menjaga pelayanan prima bagi pencari keadilan dan peningkatan mutu sumber daya manusia di Pengadilan Agama Padangsidempuan (Jurdilaga PSP).

Senin, 19 Agustus 2019 Perayaan HUT  MAHKAMAH AGUNG RI dilaksanakan bersama-sama oleh 3 Pengadilan Di Padangsidempuan. Berpusat di Kota Padangsidempuan, tepatnya di Pengadilan Negeri Padangsidempuan, bersama 2 Pengadilan lainnya yaitu Pengadilan Agama Kota Padangsidempuan dan Pengadilan Agama Padangsidempuan(Tapsel), merayakan HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE 74. Acara dimulai dengan Upacara Bendera, yang langsung dipimpin oleh Pembina upacara yang merupakan Ketua Pengadilan Negeri Padangsidempuan. Walaupun cuaca disekitar sedikit mendung, tidak menyurutkan semangat para hakim, ASN Pengadilan serta para pensiunan pengadilan yang turut di hadir dalam acara tersebut. 

atsApp Image 2019 08 20 at 08.12.46

 

atsApp Image 2019 08 20 at 08.12.53

Dalam rangkaian acara upacara tersebut, Pembina Upacara membacakan amanat Ketua Mahkamah Agung RI, yang dalam amanatnya, Ketua Mahkamah Agung RI menekankan bahwa pentingnya teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dalam penangan perkara di pengadilan, pengembangan aplikasi-aplikasi mempunyai peranan penting dalam menyelaraskan perkembangan masyarakat modern saat ini. kebijakan untuk menerapkan e litigasi merupakan suatu kebijakan yang harus dikembangkan didalam masyarakat yang telah berinteraksi secara virtual. Sehingga kedepannya proses peradilan dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada. (Jurdilaga PSP)

 

 

 

 

Rabu, 10 Juli 2019, bertempat di gedung Pengadilan Tinggi Medan Jl. Ngumban Surbakti Medan, Sekretaris Pengadilan Agama Padangsidimpuan Bapak Amiruddin Isas, S.H.I Selaku Kuasa Pengguna Anggaran Pengadilan Agama Padangsidimpuan hadir dalam rangka kegiatan Pembinaan , Monitoring dan Evaluasi UKPBJ Aplikasi SPSE Versi 4.3 dan Sirup Versi 2.3 pada wilayah Peradilan se-sumatera utara. Turut dalam acara tersebut diikuti oleh kasubbag Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Padangsidimpuan Bapak Marhoddi yang juga merupakan Pejabat Pembuat Komitmen di Pengadilan Agama Padangsidimpuan.

5d2d3de421752

Acara yang mengulas masalah pengadaan yang akan dilakukan oleh satker-satker yang berada di bawah lingkungan Mahkamah Agung ini berlangsung selama 2 hari dari rabu 10 Juli 2019 sampai 11 Juli 2019. Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan Bapak Dr. H Cicut Sutiarso S.H., M.Hum, didampingi oleh Sekretaris PT Medan Bapak Drs. Darwis M.Eng dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan H.Hilman, S.H., M.H . dalam acara yang berlangsung dua hari tersebut para narasumber yang berasal dari unit kerja Pengadaan barang dan jasa Mahkamah Agung RI secara bertahap menjelaskan tahapan mulai dari user KPA sampai dilakukannya pengumuman pengadaan yang akan dilakukan. Pentingnya peranan KPA dalam Peraturan terbaru mengenai pengadaan dan jasa ini, membuat para Kuasa Pengguna Anggaran di setiap satuan kerja yang berada di bawah Mahkamah Agung, harus memahami dan menguasai peraturan yang berlaku dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

5d2d3e2580401

Adapun yang menjadi sasaran dan tujuan utama adanya kegiatan yang berlangsung tersebut adalah guna memberikan support dan kemampuan dalam melaksanakan anggaran dan segera merealisasikan dana yang terdapat dalam DIPA Masing-masing satker khususnya berkaitan dengan belanja Modal Satker. Acara pun di tutup oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Medan, dengan harapan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua.(Jurdilaga PSP)

 

Senin, 24 Juni 2019, Pengadilan Agama Padangsidimpuan mengadakan rapat koordinasi beserta seluruh jajaran pegawai Pengadilan Agama Padangsidimpuan. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan, Bapak Buniyamin Hasibuan S.Ag.  Dalam pemaparannya Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan menyampaikan tentang hasil rapat koordinasi seluruh satuan kerja Pengadilan Agama se-Sumatera Utara yang dihadiri oleh Ketua, wakil Ketua, Sekretaris dan Panitera  satuan kerja Pengadilan Agama Se Sumatera Utara yang telah dilaksanakan di Aula Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Utara di Medan, tanggal 20 Juni 2019 yang lalu.

ftrakor2406

 

ftrakor24061

 

Dalam rapat koordinasi tersebut, Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan menyampaikan beberapa hal, diantaranya hal-hal yang harus menjadi perhatian, diantaranya direktori putusan yang masih belum mememnuhi harapan, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan penanganan perkara. Disamping itu, tindak lanjut atas Program badilag juga harus tetap dilaksanakan, seperti APM , Zona Integritas. Terkhusus pesan yang disampaikan oleh narasumber dalam rapat koordinasi di PTA Medan yang lalu, mengatakan bahwa Apel Pagi Senin dan Apel Sore Jumat, merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh Satuan Kerja, mengingat hal tersebut merupakan wujud dari kedisiplinan bagi para pegawai.(Jurdilaga Psp).

 

 

 

 

 

 

Gunungtua, Senin 20 Mei 2019, bertempat dibalai sidang Pengadilan Negeri Padangsidempuan, rombongan tim sidang keliling Pengadilan Agama Padangsidempuan melaksanakan sidang keliling bagi pencari keadilan yang berada di wilayah hukumnya. Sidang keliling kali ini dirasakan berbeda, pasalnya sidang kali ini dilaksanakan dalam bulan suci ramadhan. Tanpa mengenal lelah, dan teriknya matahari serta cuaca yang panas di daerah tersebut, tidak menyurutkan semangat tim majelis sidang keliling Pengadilan Agama Padangsidempuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pencari keadilan.

IMG 20190522 WA0002

Majelis sidang keliling Pengadilan Agama Padangsidempuan langsung diketuai oleh Bapak Buniyamin Hasibuan, S.Ag. yang merupakan ketua Pengadilan Agama Padangsidempuan. Dalam sidang keliling kali ini majelis menyidangkan sebanyak 8 perkara pengesahan nikah yang perkaranya sudah terlebih dahulu didaftarkan perkaranya langsung ke bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Padangsidempuan. Dengan adanya program sidang keliling ini sangat membantu masyarakat kurang mampu yang jauh tempat tinggalnya dari Kantor Pengadilan Agama Padangsidempuan, biaya yang tidak sedikit yang harus mereka keluarkan, sehingga diharapkan program-program seperti ini dapat diperbanyak anggarannya untuk mengakomodir para pencari keadilan di daerah yang sulit.(Jurdilaga PSP) 

Connect us on Facebook Youtube Channel Inbox Helpdesk Download Mobile Android Application
  • 2ucapan.jpg
  • 997-uc-duka.jpg
  • 997-uc-selamat.jpg
  • ucapan-waka.jpg