Gedung Baru PA Padangsidempuan
Design Baru Situs PA PSP 2016
SIPP Pengadilan Agama Padangsidempuan

 (Stabat/22/12/2017) Di penghujung tahun 2017  Pengadilan Agama Padangsidimpuan melakukan kegiatan studi banding ke Pengadilan Agama Stabat. Romobongan yang dipimpin langsung Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan Drs. H. Ribat, S.H., M.H. dengan anggota Wakil Ketua Drs. M. Syukri dan hakim Pengadilan Agama Padangsidimpuan Febrizal Lubis, S.Ag., S.H., bertolak dari Sipirok menuju Pengadilan Agama Stabat pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2017 pukul 13.00 wib  dan tiba di Pengadilan Agama Stabat pada hari Jum’at tanggal 22 Desember 2017 pada pukul 09.00 Wib. Rombongan langsung disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Stabat Drs. H. Darmansyah, SH., MH. Wakil ketua Drs. M. Muh, SH., M.H Sekretaris, panitera dan para hakim Pengadilan Agama Stabat. 

 

Sebelum melakukan kegiatan, Ketua PA. Stabat Drs. H. Darmansyah menyuguhkan makan dan minuman ringan di ruangan ketua yang sejuk, asri  indah  dan nyaman diselingi dengan ngobrol ringan yang penuh dengan suasan keakraban dan kekeluargaan.  Kedatangan PA. Sidimpuan ke sini, bagi saya kedatangan keluarga dekat, karena saya sebelumnya juga ketua di PA. Padangsidimpuan, ujar Darmasnyah ketua PA. Padangsidimpuan priode 2012 s/d 2014) Baru kemudian dilanjutkan dengan studi banding yang langsung dipandu oleh unsur pimpinan mulai dari Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim, pejabat kepaniteraan dan Kesektariatan.

 

SAPM Pengadilan Agama Stabat.

            Pengadilan Stabat merupakan salah satu Pengadilan terbaik  di Indonesia yang mendapat penghargaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu atau disingkat (SAPM)   pada tanggal 28  Nopember 2017 yang lalu di Makasar. Jauh sebelum itu Pengadilan Agama Stabat yang pertama kali meraih penghargaan ISO 2008 untuk jajaran Pengadilan di Indoensia. Keberhasilan Pengadilan Agama Stabat tidak terlepas dari komitmen seluruh jajarannya yang bertekad untuk memberikan pelayanan yang terukur dan berkwalitas kepada pencari keadilan, tutur Darmansyah. Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan merasa kagum dengan kecanggihan teknologi aplikasi yang dibuat oleh Tim IT PA. Stabat seperti aplikasi surat menyurat, aplikasi survey pelayanan dan layar TV di ruang sidang dimana masyarakat bisa langsung menyimak pembacaan putusan oleh majelis hakim.


Begitu juga segala bentuk dokumen SAPM  PA. Stabat semuanya di perlihatkan dan dipersilakan untuk diteliti dan dapat diterapkan di PA. Padangsidimpuan nantinya, jelas Wakil Ketua Muh. Nuh. Yang juga teman sengkatan dengan ketua PA. Padangsidimpuan. Melihat begitu banyak dokumen yang harus dipersiapkan terbayang bagi saya tutur Wakil Ketua PA. Padangsidimpuan Drs. M. Syukri harus bekerja ekstra tidak hanya pada jam kerja tetapi juga diluar jam kerja atau lembur sampai tengah malam.

            Pengalaman yang dialami jajaran PA. Stabat, “kami selama hampir dua bulan tidak lagi  mengenal tanggal merah, begtu juga jam kantor semuanya apalagi yang terlibat dalam Tim SAPM bekerja sampai larut malam dan pulang ke rumah anak isteri sudah tidur”, kenang Panitera Saiful Alamsyah S.Ag., S.H., M.M. Selanjutnya rombongan diajak untuk melihat ruang per ruang, tampak terlihat setiap ruangan di atur begitu rapi dan terlihat elegan. Binner berupa informasi kepada Pengguna jasa Pengadilan terpasang indah di dinding masing-masing ruang. Begitu juga fasiltas umum seperti tolet umum, ruang tunggu, Koran, majalah, TV media, tempat charger HP, ruang parkir, ruang menyusui, ruang bermain anak dan jalur evakuasi bila ada keadaan darurat semuanya tersaji. Lain lagi fasilitas bagi mereka penyandang disabalitas juga disiapkan.

Pengadilan Agama stabat juga sangat memperhatikan keindahan dan kebersihan kantor, penataan halaman yang asri, penempatan bunga-bunga disetiap sudut ruangan atas dan bawah, begitu juga air mancur sebagai bagian keindahan kantor yang dapat dinikmati siapa saja yang datang atau berurusan ke PA. Stabat. Dan pada akhir studi kami, terpajang di bagian halaman kantor Area zona bebas korupsi.

Semua bahan studi banding yang dilakukan direkam dan difoto oleh anggota tim, dengan tujuan agar dapat disosialisasi kepada segenap jajaran PA. Padangsidimpuan  untuk dijalankan memasuki awal tahun 2018. Kemudian sebagai bagian dari dokumentasi, rombongan dan segenap jajaran PA. Padangsidimpuan melakukan foto bersama sebagai bukti nyata bahwa PA. Padangsidimpuan dan PA. Stabat ibarat abang beradik yang lahir dari rahim yang sama yaitu Pengadilan Agama  Indonesia dalam satu atap Mahkamah Agung RI. (terima kasih buat PA. Stabat) 

           

Pimpinan dan Hakim

Terjemahkan


Pegawai

Lokasi

Jadwal Sidang

Perperkara Prodeo

Sisa Panjar

 

Forminformasi

Mengajukan Gugat Cerai ? Radius
Perkara Prodeo?

 

info gempa bmkg

Cuaca